Kontur tanah di tepian dan labil, TPU khusu Covid-19 di Jombang terancam longsor

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Intensitas hujan tinggi dalam sepekan ini, membuat kontur tanah di tepian TPU khusus Covid-19 di Jombang, Kecamatan Ciputat,Tangerang Selatan, menjadi labil. Jika didiamkan titik lokasi TPU yang berbatasan dengan Kali Angke itu, terancam longsor.

“Memang saat ini, untuk titik TPU yang dekat kali Angke, tidak kami isi (jenazah),” jelas Kepala Seksie Pemakaman Dinas Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel, Nazmudin dikonfirmasi, Kamis 25 Februari 2021.

Dia menyebutkan, adanya hujan dengan intensitas tinggi dan banjir yang membuat air di Kali Angke meluap, membuat lahan makam dekat Kali tersebut, terkikis.

“Ada kikisan sedalam 5 sampai 7 meter di area dekat Kali Angke. Itu karena dibawahnya air kali meluap dan dibagian  atas air hujan lebat sehingga menekan kontur tanah,” ucap dia.

Atas kejadian itu, Nazmudin mengaku sudah berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Dinas PU PR Pemkot Tangsel, untuk segera melakukan tindakan antisipasi.

“Kita hubungi BBWSCC dan Dinas PU Tangsel merencanakan akan dilakukan penanggulangan sementara, dipasang jungkit ditahan menggunakan bambu seperti itu,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, di area makam yang berdekatan dengan garis sepadan Kali Angke itu, terdapat 20 makam. Untuk itu, saat ini di area lokasi ditutup sementara, menggunakan terpal.

“Agar kalau hujan, dari sisi atas tanah tidak menekan ke bawah yang bisa menjadi longsor,” ucap dia.

Meskipun begitu, dia memastikan kalau lahan TPU seluas 2,4 hektar itu, masih cukup luas untuk menampung jenazah.

“Untuk pemakaman tidak ada masalah. Lahan kita masih luas, kita baru melakukan cut and fill untuk 6000 meter lahan baru pemakaman. Jadi tidak ada persoalan untuk lahannya,” ucap Nazmudin. (1st/h3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini alasan mengapa aktivis Lipkor minta Dirut PT PITS diganti

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Aktivis anti korupsi dari Lembaga Independen Pemantau Pelaku Korupsi (Lipkor), ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com