Lahirnya genarasi baru pesepak bola Indonesia di ajang Piala Menpora 2021

Jakarta, SUARA TANGERANG – Piala Menpora 2021 telah dimanfaatkan betul-betul oleh beberapa tim kontestan untuk mengembangkan seluruh pemainnya. Meski sejatinya mereka mengincar kemenangan dan prestasi, tapi kebijaksanaan mereka dalam memberikan ruang ke pemain patut diacungi jempol.

Madura United dan Persebaya menjadi tim paling mencolok dalam memberikan jatah ke pemain-pemain yang minim jam terbang di Piala Menpora. Bahkan, mereka memberikan jatah debut untuk pemain mudanya di ajang resmi PSSI tersebut.

Kesempatan debut itu bukan untuk pemain muda berusia di sekitar 20 tahunan, tapi dua tim tersebut memberikan kesempatan untuk anak muda berusia 16 tahun. Momen yang jarang ditemui saat pertandingan kompetitif tentunya.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, memainkan pemain keturunan Indonesia-Liberia, Ronaldo Kwateh. Sementara pelatih Persebaya, Aji Santoso, menurunkan Marselino Ferdinan. Keduanya kebetulan adalah sama-sama penggawa timnas U-16 besutan pelatih Bima Sakti. Dengan diberikan momen debut untuk mereka, artinya kini sudah muncul genderasi baru pesepak bola Indinesia di level profesional.

Marselino yang notabene pemain andalan timnas U-16 langsung diturunkan oleh Aji sebagai pemain starter di laga pamungkas Grup C kontra PSS di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung (7/4). Tak hanya itu ia pun tampil full time di pertandingan tersebut.

Meski di laga debutnya, Marselino tak canggung memainkan perannya di sektor depan Persebaya. Beberapa kali ia sukses menunjukkan kualitasnya, seperti melewati lawan dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Ia pun cukup percaya diri untuk ada argumen dengan pemain senior PSS yang juga kapten tim, Bagus Nirwanto. Mungkin untuk yang satu ini, Marselino masih butuh bimbingan lagi agar terus berada di trek yang benar dalam berkomunikasi dengan rivalnya.

Berbeda dengan Marelino yang hanya mendapatkan jatah satu pertandingan di Grup C, Ronalo tampil rutin di Madura United. Dari empat partai yang dilakoni Laskar Sapeh Kerab, Ronaldo tampil di tiga pertandingan.

Meski begitu, Rahmad memang tak memberikan menit yang banyak untuk dirinya. Di laga vs PSS Ronaldo main menit ke-87, kontra Persebaya main menit 76′, dan vs Persela diturunkan di menit 90′.

“Ronaldo Kwateh terus kami berikan kesempatan, dia adalah pemain jangka panjang kami. Hari ini Ronaldo cukup percaya diri, ada satu peluang tapi belum bisa selesaikan. Tapi ini penampilan pertamanya, usianya masih 16 sekian. Jadi saya percaya, mudah mudahan dia tidak cepat puas untuk bisa menjadi pemain lebih baik,” kata Rahmad Darmawan usai laga Madura United vs PSS. (1st/Bola.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Final IBL: Anies hadir dan dukung langsung Satria Muda dan Pelita Jaya di arena pertandingan Kelapa Gading

Jakarta, SUARA TANGERANG – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dan mendukung langsung tim Satria ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com