Tim medis Dompet Dhuafa bantu pemulihan kesehatan warga yang isolasi mandiri

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Memasuki gelombang kedua wabah corona di Indonesia, banyak fasilitas kesehatan yang mengalami kelebihan kapasitas. Hal tersebut mengakibatkan tidak sedikit masyarakat yang terpapar Covid-19, memilih utuk isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Dengan melakukan isoman di rumah, tidak dimungkiri jika pemulihan kesehatan masyarakat yang terpapar tidak terkontrol dengan baik. Lantaran tidak mendapatkan layanan medis seperti di rumah sakit. Melihat kasus tersebut, Dompet Dhuafa yang sejak pekan lalu membuka Pos Crisis Center Covid-19, kini melalui Tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) dan Tim Disaster Management Center (DMC) bergerak menggelar home visit layanan kesehatan. Banyaknya permintaan di call center membuat Dompet Dhuafa terus melakukan berbagai upaya dalam membantu pasien Covid-19, salah satunya dengan layanan Home Visit Pasien Covid-19.

Pada Minggu  saing, 11 Juli 2021, dengan kendaraan kelas premium bantuan dari donatur, Tim Medis Dompet Dhuafa melakukan home visit ke salah satu rumah warga yang berada di daerah Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Di rumah tersebut terdapat sembilan anggota keluarga yang terpapar Covid-19. Salah satunya nenek lansia yang perlu mendapatkan pendampingan ekstra.

“Hari ini (Minggu -red), setelah konsultasi online di Crisis Center, kita melakukan pemeriksaan langsung ke rumah warga yang terpapar. Karena dalam satu rumah ada sembilan orang yang postif dan salah satunya lansia. Sehingga, kita perlu bergerak ke sana,” ujar Dokter Yuni, salah satu Medis dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa (LKC), yang bertugas saat itu.

Setelah memakai alat pelindung diri (APD) lengkap, dalam pelayanan home visit tersebut Dokter Yuni melakukan pemeriksan mulai dari pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, gula darah, dan saturasi oksigen. Langkah tersebut menjadi pemeriksaan dasar di layanan home visit bagi pasien Covid-19 maupun masalah kesehatan umum lainnya.

“Untuk mengetahui perkembangan pemulihannya, maka dilakukan pengecekan suhu, tekanan darah, gula darah dan saturasi. Setidaknya untuk memastikan kondisi terkini dari si pasien,” tambah Dokter Yuni.

Selain melakukan layanan home visit, tim Medis Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa juga membuka layanan konsultasi via telpon. Layanan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak mendapatkan layanan medis selama menjalani isolasi mandiri. Kemudian di Pos Crisis Center Covid-19, Dompet Dhuafa juga membuka layanan bantuan oksigen, paket isoman medis berupa obat-obatan, paket isoman gizi di titik-titik dapur umum, layanan ambulans gratis, pemulasaran jenazah hingga bantuan pangan Food for Dhuafa.

Untuk mendapatkan akses layanan kesehatan dan program lainnya yang disiapkan oleh donatur Dompet Dhuafa, dapat menghubungi call center dari Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa di 08111617101 (WA Only). Dengan mengirimkan pesan di nomor tersebut, para relawan dengan segera merespon dan mengirimkan pilihan layanan bantuan bagi warga yang menghubungi.

Mari, kita bersama kuatkan kolaborasi untuk aksi-aksi kemanusian bagi sesama. Di tengah terpaan badai pandemi Covid-19 kali ini, saatnya salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening 237.300.4723 (BCA) dan 7.000.523.757 (Bank Syariah Indonesia/Mandiri Syariah). Seberapapun bantuan kita, saat kolaborasi dan kebersamaan menjadi landasannya, tentu akan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini. (1st/rls)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur WH ajak seluruh komponen masyarakat kembankan potensi kelautan dan perikanan di Banten

Kota Serang, SUARA TANGERANG – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com