Anies Baswedan Ingkar Janji

SUARA TANGERANG – Beda antara lupa janji dengan ingkar janji. Kalau lupa, itu kerjaan umumnya politisi. Ngeceknya gampang. Berapa jumlah janji saat kampanye? Tak ada yang inget.

Saat nyaleg, janji di sana sini. Di daerah sini janji, di daerah sana juga janji. Berapa jumlah janjinya? Lupa! Gak ada angka yang disebut. Lagi nyalon bupati, wali kota, atau gubernur, lupa apa yang pernah dijanjikan.

Soal jumlah janji, sepertinya hanya Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang inget. Ada 23 janji politiknya saat kampanye. Rakyat malah yang lupa. Tapi, Anies terus ingatkan angka 23 janjinya itu harus terus ditagih, dan Anies akan memenuhinya. Agak langka memang manusia satu ini.

Selain yang lupa janji, ada yang ingkar janji. Ini juga hal biasa di dunia politik. Janji itu makanan setiap periode. Mula-mula lupa. Ketika rakyat menagih, baru ingat. Tapi gak juga dipenuhi. Orang ingat janjinya tapi gak dipenuhi, itu ingkar janji namanya.

Anies pernah berjanji saat kampanye: akan mensubsidi air bersih kepada warga DKI 80 persen. Dan ternyata, Anies ingkar janji. Memang disubsidi, tapi tidak 80 persen seperti janjinya. Anies malah memberi subsidi 90 persen. Ini namanya ingkar janji. Janjinya subsidi 80 persen, faktanya 90 persen. Ada kelebihan 10 persen.

Kalau semua politisi ingkar janjinya model Anies, rakyat pasti senang. Janji itu hutang. Hutang 80, tapi dibayar 90. Rakyat mana yang gak senang?

Tangsel, 4 September 2021

Mang Udin,

Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amandemen UU 1945, Berbahaya!

SUARA TANGERANG– Amandemen UU 1945, sudah beberapa kali terjadi. UUD 1945 bukan kitab suci, kata ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com