Ada sesuatu nih! Apjatel: Persoalan penyelenggaraan jaringan telekomuniksi di Tangsel bisa diatasi

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel), Muhammad Arif, mengungkap beberapa persoalan terkait penyelenggaraan jaringan telekomunikasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Namun, menurut Arif beberapa persoalan terkait penyelenggaraan jaringan telekomunikasi tersebut masih bisa diatasi dengan baik.

“Kalau di Tangsel tidak terlalu berat lah case-nya, itu juga anggota sudah kooperatif kok. Memang kemarin masih ada kabel-kabel yang semraut. Kadang ada kabel PLN, kadang kabel ‘gelap’ yang nakal-nakal juga ada, jadi gak bisa di pastikan itu punya anggota kita,” kata  Arif di kawasan Jakarta Barat, Senin (6/9).

Sementara terkait regulasi, dirinya mengaku belum membaca secara detil aturan yang mengatur penyelenggaraan jaringan telekomunikasi yang ada di Tangsel.

Meski begitu, kata Arif, untuk persoalan regulasi, yang dianggap berat oleh para pengusaha penyelenggara jaringan telekomunikasi ialah terkait sewa barang milik daerah.

“Terus terang, sementara ini saya belum baca secara detil kayak apa aturan di Tangsel. Sebenernya dari sekian banyak persoalan itu, kita melihatnya case by case saja, kalau memang case-nya dia perapihan ya udah. Kita kan nanya sama dia (pemerintah daerah), yang dimau mereka apa, oh mereka maunya perapihan, ya kita rapihin. Kalau casenya perapihan, itu ringanlah,” ujarnya.

“Yang berat itu SBD (sewa barang milik daerah), sewa lahan, itu yang berat, kalau di Tangsel tidak sewa lahan. Cuma untuk perapihan ajah,” ungkap Arif.

Untuk diketahui, persoalan yang saat ini mengemuka dari keberadaan kabel-kabel fiber optik yang semraut dan semakin kusut di tepi jalan raya di sejumlah kota di Indonesia adalah belum adanya aturan teknis penyelenggaraanya.

Di sisi lain, Tangsel  yang memberlakukan aturan mengenai penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Wali Kota Tangerang Selatan (Perwal) Nomor 47, Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perwal Nomor 3, Tahun 2019 tentang Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi, dalam pandangan masyarakat awam aturan ini belum ditegakkan secara tegas. (1st/h3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Arief pantau langsung pembongkaran rumah di Jalan Maulana Hasanudin

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com