Pendukung Anies, Jangan Sekedar Jadi Gerombolan atau Kerumunan

SUARA TANGERANG – Deklarasi bagus! Mesti dilanjutkan. Semakin masif, itu tanda ada semangat pergerakan. Terus diadakan, menyirir setiap propinsi dan kabupaten.

Dari deklarasi itu terlihat begitu banyak relawan Anies dari berbagai unsur masyakat: daerah, organisasi dan etnis. Banyaknya nama relawan menunjukkan hal tersebut.

Sejauhmana masing-masing kelompok relawan ini melakukan konsolidasi di setiap wilayah, ini akan sangat menentukan keberhasilan.

Deklarasi, jauh dari cukup. Selesai deklarasi, mesti ditindaklanjuti dengan konsolidasi. Misal, Jawa Tengah melakukan deklarasi, ya setelah itu harus bentuk struktur joordinator di setiap kebupaten di Jawa Tengah. Atau Tegal deklarasi, ya setelah itu harus dibentuk struktur koordinator di setiap kecetasan yang ada di Kabupaten Tegal.

Kalau deklarasi gak ditindaklanjuti dengan konsolidasi yang lebih masif dan merata, ya kurang efektif.

Kabarnya, Ganjar Pranowo itu punya timses sampai tingkat kelurahan. Di Jateng, mereka bergerak masif.

Kan butuh biaya besar? Jika menginginkan Anies Presiden motivasinya adalah “semangat perubahan”, agar anak cucu bangsa ini kelak selamat, mestinya gak lagi ada persoalan logistik. Selalu ada jalan keluar jika semangat itu membara.

Para pejuang, dan orang-orang yang punya jiwa patriotisme, pantang mengeluh. Bergerak, konsisten dan terukur. Itulah prinsip dasarnya.

Lawan punya logistik berlimpah. Betul! Relawan punya semangat yang gak boleh kalah. Satu hal: dengan semangat, langkah-langkah mesti terencana, sistemik dan matang.

Pejuang yang sukses adalah pejuang yang tidak hanya punya modal semangat, tapi juga perencanaan yang matang dan kekompakan.

Tanpa rencana, tak akan ada kemenangan!

Semangat, kolaborasi, perencanaan dengan strategi yang matang, itulah kunci keberhasilan. Tanpa itu semua, sebuah gerakan hanya akan mengumpulkan Gerombolan dan Kerumunan.

Jakarta, Jumat Jelang Akhir Tahun 2021

Tony Rosyid,

Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Jakarta Gak Boleh Kelaparan

SUARA TANGERANG – Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Begitu bunyi pasal 34 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com