BREAKING NEWS

Wakil Gubernur DKI Jakarta resmikan program “1 Juta Warung Melek Digital”

Jakarta, SUARA TANGERANG – GudangAda, perusahaan e-commerce marketplace B2B dengan pengguna lebih dari 750.000 di seluruh Indonesia, resmi meluncurkan program “1 Juta Warung Melek Digital” yang terlaksana melalui kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta. Peluncuran program ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sejalan dengan program pemerintah Indonesia untuk UMKM go digital pada 2024, kerja sama GudangAda dan Pemprov DKI Jakarta ini merupakan langkah awal dari komitmen jangka panjang perusahaan yang menargetkan literasi digital kepada 1 juta warung dan pebisnis UMKM.

Program 1 Juta Warung Melek Digital merupakan program literasi digital yang bertujuan membangun kesadaran dan pemahaman digital demi pertumbuhan bisnis yang pesat dan kontribusi yang kuat terhadap masa depan ekonomi digital Indonesia. Beberapa topik yang menjadi materi pelatihan digital di antaranya adalah “Langkah dan Strategi Praktis Memulai Bisnis Online”, “Sinkronisasi Bisnis Offline ke Online” dan “Strategi Pemasaran Digital melalui e-Commerce dan Media Sosial”.

Target program 1 Juta Warung Melek Digital adalah pemilik warung dan pebisnis UMKM. Lewat kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, kegiatan literasi digital ini menyasar warung dan UMKM binaan Dinas PPUKM DKI Jakarta yang tergabung dalam komunitas Jakpreneur. Program ini sendiri pada tahap awal akan fokus kepada area Jakarta dan akan dikembangkan secara berkala ke kota tier-1, tier-2 dan tier-3 lainnya. “Sebagai pemimpin marketplace B2B, GudangAda menyadari bahwa selama ini gap digital menjadi hambatan utama para pelaku UMKM untuk bersaing dengan ritel modern dan mentransformasi usaha di tengah tren ekonomi digital. Program ini komitmen jangka panjang perusahaan untuk merealisasikan visi pemerintah yang menargetkan 30 juta UMKM go digital pada 2024,” ujar Budianto Hariadi, Chief Commercial Officer GudangAda.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi komitmen GudangAda yang diberikan untuk sektor UMKM. “Pemprov DKI Jakarta melakukan banyak upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi, khususnya bagi pebisnis UMKM. Lewat partisipasi dan sinergi dengan pihak swasta, seperti dengan GudangAda, ini tentunya akan memberikan kontribusi positif bagi percepatan pemulihan ekonomi bagi pelaku bisnis UMKM di DKI Jakarta. Selama ini lewat Jakpreneur, Dinas PPKUKM telah aktif melatih, mendampingi, membantu perizinan hingga permodalan pebisnis UMKM,” ujar Riza.

Program 1 Juta Melek Digital ini pun turut didukung oleh salah satu partner resmi GudangAda, PT Tokai Dharma Indonesia. “Kami mendukung upaya pemerintah dan GudangAda untuk terus memberdayakan UMKM lewat digitalisasi bisnis. Sebagai produsen, Tokai menyadari pentingnya sinergi UMKM sebagai titik distribusi barang terakhir dan platform marketplace seperti GudangAda yang membantu UMKM mendigitalisasi bisnis,” ujar Octavianus Kirana Indra, Presiden Direktur PT Tokai Dharma Indonesia.

GudangAda berencana membangun solusi terintegrasi (one-stop shopping) yang memberdayakan seluruh pelaku industri B2B. Ke depannya, ekosistem digital GudangAda akan mencakup layanan transaksi (pengadaan, pencarian dan pembelian), layanan logistik (pengiriman dan pergudangan), sistem manajemen toko (sistem transaksi/POS, inventori dan akuntansi), layanan keuangan (sistem pembayaran dan kredit), dan layanan pemasaran. Berbagai solusi ini akan memberdayakan produsen dan pedagang tradisional untuk memanfaatkan peluang bisnis di era pertumbuhan ekonomi digital. GudangAda juga berinvestasi dalam artificial intelligence (AI) yang akan menghadirkan layanan personalisasi untuk memberikan pengalaman berbisnis dengan lebih baik. Teknologi GudangAda memungkinkan pedagang dan pebisnis UMKM untuk mencari suplai bahan baku dengan ragam produk lebih banyak dan jangkauan lebih luas. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tambah jaringan di Tangsel, CGV Indonesia resmikan bioskop di Mall Paradise Walk Serpong

Jakarta, SUARA TANGERANG – Seiring dengan turunnya angka penyebaran COVID-19 dan mulai bangkitnya kepercayaan masyarakat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com