BREAKING NEWS

Keren, Poktan Kampung Malang, Sepatan Timur, Tangerang launching warung Smartfram

Tangerang, SUARA TANGERANG – Keren saat ini Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) membuat terobosan untuk para petani, melalui programnya IZI gandeng Kelompok Tani Kampung Malang Gempol Sari dengan meluncurkan atau launching program warung Smartfram pada Rabu, (16/3/2022) di Kampung Malang, Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten.

Muhamad Obo Direktur warung Smartfarm menjelaskan, launching program warung Smartfarm hari ini berlangsung sekaligus di tiga titik wilayah. Pertama, di Kampung Malang Sepatan Timur secara offline. Kedua, dilakukan secara online di Desa Munjul dan Tapos Tigaraksa.

“Keberadaan warung Smartfarm ini diharapkan terbangunnya semangat para petani, karena petani langsung bisa menjual hasilnya ke warung Smartfram tanpa lagi ke pasar,” ungkap Obo.

Disamping itu juga, kata Obo, para petani diberikan pelatihan dan pembinaan terkait pertanian dari inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

“Tujuannya untuk menampung hasil sayur-mayur para peserta binaan IZI jadi setelah mereka dilatih dan diberikan arahan untuk pengembangan, hasil sayur-mayurnya bisa lansung dijual ke warung Smartfram” terangnya.

Obo menambahkan, untuk membangkitkan semangat para petani di warung Smarfram ini, para binaan IZI jangan merasa khawatir karena cara pembelian hasil tani akan dibayarkan cash (tunai).

“Di warung Smartfarm kalau dia menjual ke warung ini kan langsung cash harganya juga kita nggak asal-asalan, itukan kita ikutin harga pasaran,” jelasnya.

Ke depan, desa-desa lain juga akan membentuk warung yang sama, untuk launching hari ini sebagai percontohan program ini tetap berjalan berlanjut di tiap Desa atau Kecamatan.

“Harapan saya agar petani-petani tetap semangat jangan pasrah dengan keadaan pandemi COVID-19 saat ini,” harapnya.

Sementara, Aziz Gunawan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, mengungkapkan, pihaknya akan terus mendukung dan mensuport para petani lokal yang ada di setiap desa terkhusus petani dalam binaan IZI.

“Petani harus pintar, agar menjadi petani modern dan berdaya saing,” ungkapnya.

“Saya mendukung dengan program ini kedepannya poktan lainnya dapat mengikuti,” sambung Azis.

Untuk diketahui warung smart fram ini menjual dan menampung hasil petani seperti sayur mayur, cabe, holtikultura, beras, telor dan kebutuhan pangan lainnya yang banyak dibutuhkan sehari-hari untuk masyarakat. (4rdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilar Saga Ichsan pimpin upacara peringatan Hardiknas 2022

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pendidikan dan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com