BREAKING NEWS

Kaya.id bersama WIR Group kembangkan metaverse Indonesia untuk UMKM

Jakarta, SUARA TANGERANG – PT Lumina Kaya Indonesia (Kaya.id) perusahaan inkubator bisnis berkolaborasi dengan WIR Group, perusahaan teknologi augmented reality terkemuka Indonesia untuk mengembangkan UMKM Indonesia di dunia metaverse. Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Kaya.id, Nita Kartikasari dan Chief Marketing Officer (CMO) WIR Global, Gupta Sitorus, di Jakarta (Jumat, 25/3).

Metaverse adalah teknologi kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dengan dunia digital tanpa batas di mana semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel. Melalui teknologi metaverse ini, nantinya apa yang terjadi dalam dunia digital akan menjadi hampir senyata dunia aslinya. WIR Group ditugaskan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghadirkan metaverse Indonesia yang rencananya akan diperkenalkan di ajang Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali bulan November nanti.

Di sisi UMKM, Kaya.ID bekerjasama dengan WIR Group untuk mempercepat transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan tampil di metaverse. CEO Kaya.id Nita Kartikasari mengatakan, melalui platform metaverse, Kaya.id sebagai Inkubator bisnis UMKM Indonesia berharap, mereka dapat terhubung dengan ekosistem digital. “Kami berharap UMKM Indonesia nantinya dapat juga terhubung dengan ekosistem metaverse Indonesia sehingga UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar terhadap akses dan pasar, sehingga dapat mendukung tumbuhnya bisnis UMKM dengan berbagai keunggulan kompetitif di tengah tantangan di era digital tanpa batas,” ujarnya. “Membangun merk-merk lokal Indonesia menjadi brand ternama tidak hanya secara offline tetapi juga secara digital,” tambahnya.

Lebih lanjut Nita berharap melalui kerjasama ini, Kaya.id dapat menghadirkan layanan metaverse kepada UMKM Indonesia di mana para pelaku UMKM dapat mengembangkan “brand’ atau merknya masing-masing. “Kerjasama pengembangan platform metaverse ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan produk UMKM Indonesia menjadi besar atau menjadi brand dunia. Jika brand-nya sudah berkembang, maka mereka bisa dan siap bersaing secara global, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan sumber daya kreatif dan berbakat. Itu akan memberi dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia,” ujar Nita kembali.

Sementara Chief Officer Marketing WIR Global, Gupta Sitorus  mengatakan, kerjasama ini selain akan memperkaya ekosistem bagi metaverse Indonesia, juga mendorong perekonomian digital dan kreatif serta pemberdayaan UMKM di Indonesia. “Platform Metaverse dibuat dengan dasar interaksi manusia dalam bentuk digital yang membuka peluang-peluang baru bagi penggunanya, termasuk para pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan kesempatan yang telah dibuka melalui metaverse untuk mengembangkan bisnisnya. Diharapkan UMKM banyak memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing mereka,” ujar Gupta Sitorus.

Gupta menambahkan, teknologi digital Metaverse menawarkan pengalaman unik bagi penggunanya, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya. Dengan digunakanya platform metaverse oleh UMKM memungkinkan terjadinya interaksi virtual realistik dengan dengan konsumen bahkan dengan jangkauan global yang tidak terbayangkan sebelumnya.

“Dunia metaverse ini sejatinya tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,’ ujar Gupta.

Saat ini WIR Group sudah memiliki jaringan toko virtual Mindstores yang banyak menyasar pelaku UMKM dan sudah berhasil menjaring lebih dari 60 ribu pemilik toko virtual. WIR Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa media interaktif, periklanan, dan pengembangan teknologi dalam dunia augmented reality, virtual reality, dan artificial intelligent. Lewat kerjasama ini, kedua pihak berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita pemerintah dalam persiapannya untuk menghadapi tren teknologi metaverse.

Penandatanganan kerjasama Kaya.id – WIR Group ini dilakukan di areal gerai Jamuné di Ashta Mall, District 8 SCBD Jakarta, yang merupakan usaha UMKM jamu kekinian. (1st)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Salurkan modal untuk pemberdayaan Warung-UMKM, GudangAda gandeng Pemkot Tangsel dan Kitabisa

Tangerang, 26 April 2022 – GudangAda, perusahaan e-commerce marketplace B2B, menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com