BREAKING NEWS

Tiga Pilar Kecamatan Teluknaga tindak lanjuti imbauan MUI dan Bupati Tangerang di bulan suci Ramadan 1443 H

Tangerang, SUARA TANGERANG – Tiga Pilar Kecamatan Teluknaga menindak lanjuti himbauan MUI dan Bupati Kabupaten Tangerang pada pelaksanaan puasa Ramadan 1443 hijriyah tahun 2022.

Didampingi Kapolsek Teluknaga, Danramil 01/ Teluknaga serta MUI Kecamatan Teluknaga. Zam zam Manohara Camat Teluknaga menyampaikan sembilan point himbauan bersama di bulan suci Ramadan 1443 hijriyah yang harus dilaksanakan dan dapat menjadi panduan bagi umat Islam khususnya di Kabupaten Tangerang.

Zam zam berharap himbauan bersama ini dapat di ikuti oleh umat muslim dalam pelaksanaan puasa ramadhan 1443 hijriyah dalam rangka meningkatkan ke khusyuan dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Sementara itu, AKP. Darma Adi Waluyo Kapolsek Teluknaga menambahkan, pada momentum bulan suci ramadhan diharapkan masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, hal tersebut guna menjaga kekhusyuaan dan khidmatnya dalam menjalankan ibadah ibadah puasa.

“Pergunakanlah momentum bulan suci Ramadan ini diisi dengan kegiatan – kegiatan positif,” pinta Zam zam, Kamis (31/3/2022) dihadapan wartawan di Kantor Camat Teluknaga.

Lanjutnya Kapolsek mengatakan, biasanya kegiatan masyarakat aktif kembali saat berbuka puasa, shalat tarawih dan makan sahur. Pada kesempatan tersebut masyarakat diharapkan tidak melaksanakan kegiatan konvoi ataupun arak – arakan kegiatan- kegiatan yang sifatnya mengganggu ketertiban masyarakat yang sifatnya mengganggu kekhusyuaan dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kami minta masyarakat untuk selalu jaga ketertiban dan protokol kesehatan, kami juga melarang sahur on the road serta konvoi, yang dikhawatirkan bisa menimbulkan hal negatif,” ungkapnya.

” Saya minta kerjasamanya dari masyarakat untuk dapat bersama – sama menjaga kekhusyuaan dalam menjalankan ibadah puasa, ” sambungnya.

Adapun 9 poin himbauan bersama yang harus dilaksanakan dan dapat menjadi panduan bagi umat Islam khususnya di Kabupaten Tangerang.

1. Sambut bulan suci Ramadan 1443 hijriyah dengan hati lapang, memperbanyak amal kebaikan serta pelaksanaan ibadah menurut ketentuan syariat islam. Baik ibadah wajib maupun sunah dan ibadah sosial guna meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

2. Jalankan ibadah shaum Ramadhan dengan khusyu dan tawadhu serta menahan diri dari perbuatan yang dapat menghapus pahala ibadah shaum baik sengaja maupun tidak sengaja melalui peryataan yang tidak bermanfa’at di media sosial.

3. Jadikan bulan Ramadan sebagai momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan memperbanyak zikir, tadarus Al – qur’an, i’tikaf di masjid, bersalawat, bersedekah serta berdo’a kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya.

4. Makmurkan masjid, mushola dengan shalat berjama’ah lima waktu, shalat tarawih, dan kajian – kajian keagamaan islam, dengan senantiasa menjaga kenyamanan dan kesehatan lingkungan sarana ibadah serta tunaikan zakat , infaq dan sedekah sesuai tuntunan syari’at agama Islam untuk membersihkan batin serta membangun kesejahteraan umat.

5. Pelihara dan perekat silaturahim dalam jalinan persaudaraan sesama anak bangsa (ukhuwah wathoniyah) baik di internal umat Islam maupun antar umat beragama demi terpeliharanya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Tangerang.

6. Hindari segala bentuk praktek maksiat, perjudian, miras, narkoba, percakapan yang menjurus kepada gibah, naminah dan fitnah yang dapat merusak pahala amal ibadah shaum dan ketentraman sosial.

7. Tunaikan zakat, infaq dan shodaqoh melalui badan amil zakat nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang.

8. Pengelola restoran / rumah makan agar mengalihkan jam pelayanan mulai jam 16.00 wib sampai waktu sahur ( mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan satgas COVID- 19 Kabupaten Tangerang) dan pengelola tempat hiburan agar menutup sementara kegiatannya selama bulan suci ramadhan.

9. Mengumandangkan takbir , tahlil, dan tahmid pada malam berakhirnya puasa Ramadan dengan penuh khusyu tidak membunyikan petasan serta suara – suara ledakan lainnya yang menganggu ketertiban dan kenyamanan publik. (4rDi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilar Saga Ichsan pimpin upacara peringatan Hardiknas 2022

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pendidikan dan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com