BREAKING NEWS

Mudik wajib booster, Sekjen MUI Kabupaten Tangerang: Vaksin siang hari tak batalkan puasa

Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah mewajibkan vaksinasi booster atau vaksin ketiga khususnya bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran pada libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tahun 2022.

Terkait hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus-menerus mengingat masyarakat calon pemudik untuk melakukan vaksinasi booster atau vaksin ketiga dalam rangka mengoptimalkan herd imunity.

dr Hendra Tarmizi Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang mengatakan, sebelum masuknya masa mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan realisasi vaksinasi dosis tiga (booster) di Kabupaten Tangerang mencapai 30 persen. Oleh karena itu saat ini pelaksanaan vaksinasi booster terus dilakukan hampir setiap hari di berbagai tempat atau gerai yang sediakan.

“Pelaksanaan vaksinasi booster ini bisa dilaksanakan siang maupun malam. Hal ini guna untuk mempercepat herd imunity masyarakat sebelum Lebaran,” kata dr Hendra Tarmizi kepada Suara Tangerang saat dikonfirmasi pada Kamis (21/4/2022).

Menurutnya, pentingnya vaksinasi booster pada momen tradisi mudik Lebaran ini guna mencegahnya penyebaran virus COVID-19 saat berkumpul bersama keluarga.

“Jika sudah dibooster, herd imunity-nya terjaga dan berharap  tercegahnya penyebaran virus COVID-19,” ungkapnya.

Sementara itu Sekertaris MUI Kabupaten Tangerang Nur Alam menjelaskan, pelaksanaan vaksin booster di siang hari khususnya bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan tak perlu khawatir karena tidak membatalkan puasanya.

“Umat islam yang sedang beribadah puasa boleh divaksin. Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 menyebutkan bahwa vaksinasi COVID-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa,”kata Nur Alam saat dihubungi Suara Tangerang, Kamis (21/4/2022).

Begitu juga dengan test swab, lanjut Nur Alam menjelaskan, sebagaimana disebutkan di dalam Fatwa Nomor 23 Tahun 2021. “MUI mengimbau umat Islam agar menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan, juga mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19,” tutupnya. (4rDi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilar Saga Ichsan pimpin upacara peringatan Hardiknas 2022

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pendidikan dan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com