BREAKING NEWS

Senator DKI Jakarta: Kampung Susun Bayam, wajah nyata keadilan pembangunan di Jakarta

Jakarta, SUARA TANGERANG – Anggota DPD RI Fahira Idris menilai langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mencanangkan pembangunan Kampung Susun Bayam, Pademangan Jakara Utara pada Sabtu, 7 Mei 2022 lalu patut diapresiasi.

Diketahui pembangunan Kampung Susun Bayam merupakan bagian dari penataan pemukiman dari Kampung Bayam yang terdampak pembangunan Jakarta Iternasional Stadium (JSI) sejak JIS sejak Mei – Agustus 2019.

Menurut Fahira, senator DKI Jakarta ini,  biasanya dibalik kemegahan dan gemerlap sebuah proyek pembangunan infrastruktur menyisakan kisah tidak menyenangkan dari warga yang terdampak atau yang harus tergusur. Namun, di Jakarta selama empat tahun terakhir ini paradigma pembangunan seperti itu mulai ditinggalkan.

“Warga yang terdampak atas sebuah pembangunan infrastruktur tidak hanya dipenuhi hak-haknya tetapi diberi solusi agar derajat kehidupannya lebih baik dengan menempati hunian yang lebih layak dan dapat terus melanjutkan pekerjaan sebelumnya seperti yang terjadi di Kampung Bayam agar derajat kehidupannya lebih baik dengan menempati hunian yang lebih layak dan dapat terus melanjutkan pekerjaan sebelumnya seperti yang terjadi di Kampung Bayam yang warganya terdampak pembangunan Jakarta International Stadium,” kata Fahira, dikutip dari laman fahiraidris.id.

Lanjut Fahira, selain pembangunan fisik terutama yang terkait kepentingan publik, perubahan terbesar yang terjadi di Jakarta selama empat tahun terakhir ini adalah paradigma pembangunan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusian.

Ketua Gerakan Nasional Anti Miras ini pun mengatakan, pembangunan infrastruktur semegah apa pun, tidak akan bermakna jika dalam implementasinya mengabaikan hak-hak masyarakat terutama yang terdampak atas pembangunan itu.

Prinsip dasar pembangunan yaitu menjadikan masyarakat sebagai subjek atau titik sentral pembangunan benar-benar diimplementasikan dengan baik di Jakarta selama empat tahun terakhir ini.

“Pembangunan Kampung Susun Bayam adalah salah satunya. Gemerlap JIS juga harus dirasakan warga yang terdampak dan inilah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta,” ucap Fahira.

Warga yang terdampak tidak ditinggalkan, tetapi dirangkul, dipenuhi hak-haknya dan  diajak kolaborasi untuk membangun hunian baru, yang tidak hanya lebih layak tetapi mampu menjadi titik ungkit meningkatkan derajat kehidupan warga. “Kampung Susun Bayam adalah wajah nyata keadilan pembangunan di Jakarta,” ujar Fahira. (1st)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepemimpinan Indonesia di tengah rivalitas AS-Tiongkok dan proyeksi tata dunia baru

Jakarta, SUARA TANGERANG – Di tengah tekanan dunia internasional dan ancaman walk out oleh beberapa negara anggota G20 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com