Hendrayana: Uji Kompetensi Wartawan kewenangan Dewan Pers

Jakarta, SUARA TANGERANG – Menyangkut standar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) harus mengacu kepada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Karena disitulah sumber hukum dalam melaksanakan profesi karya jurnalistik.

Terkait polemik kewenangan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) antara Dewan Pers dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) saat ini sudah mulai menemukan titik terang.

Tenaga Ahli Dewan Pers Bidang Hukum dan Perundang-undangan Hendrayana mengungkapkan, bawa kewenangan BNSP hanya terkait pelatihan pendidikan saja, bukan melakukan sertifikasi hal itu berdasarkan surat dari Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi. Dan kabar terakhirnya, kata dia surat itu sudah dicabut.

“Kabar terakhir dari pak Ketua Dewan Pers, surat hak BNSP sudah dicabut,”ujar Hendrayana saat jumpa pers di Gedung Dewan Pers, Rabu (10/8/2022)

Hendrayana menjelaskan, tentang dasar hukumnya pihak BNSP ketika menyelenggarakan UKW harus berkomunikasi dengan Dewan Pers. Jangan sampai ada orang melakukan sesuatu diluar koridor hukumnya.

“Kita sudah menyampaikan pada waktu itu langsung melalui ketua Dewan Pers bertemu dengan pihak BNSP. Ini tidak bisa diteruskan oleh BNSP, karena menyangkut tentang masalah kewenangan. Kalaupun ada seperti lembaga BNSP itu harus seizin Dewan Pers berdasarkan SK (surat keputusan),” ujar Hendrayana yang juga sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS)

“Salah satu contohnya adalah Lembaga LPDS ini,” sambungnya.

Mantan Direktur LBH Pers ini menegaskan bahwa Dewan Pers merupakan suatu regulator dan fasilitator sebab lembaga tersebut sudah mengeluarkan peraturan.

“Sekali lagi bahwa yang menyangkut standar Uji Kompetensi Wartawan harus mengacu kepada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Karena disitulah sumber hukum kita dalam melaksanakan profesi karya jurnalistik,” tegasnya. (4rD1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tolak kenaikan harga BBM, HMI Cabang Jakarta minta Presiden copot Menkeu, Menteri ESDM dan Dirut Pertamina

Jakarta, SUARA TANGERANG – Ratusan mahasiswa yang menamakan diri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com