REFO dan Universitas Negeri Semarang luncurkan program “UNNES Goes Beyond”

Semarang, SUARA TANGERANG – PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) meluncurkan program “UNNES Goes Beyond” sebagai penanda kemitraan kedua pihak dalam optimalisasi penggunaan Google Workspace for Education Plus. Peluncuran program dilaksanakan di Gedung Rektorat, Kampus UNNES, Gunungpati, Semarang, pada tanggal 26 Agustus 2022 lalu. Adapun acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES Prof. Dr. Zaenuri, M.Si. Akt., Direktur Utama REFO Pepita Gunawan, dan Sales Program Manager Google for Education Tiffany Santosa.

Pada kesempatan tersebut,  Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES menyampaikan bahwa melalui optimalisasi Google Workspace for Education Plus, civitas academica didorong untuk berani bersaing di tingkat internasional. “Ini akan mengakselerasi dan mendorong UNNES untuk berkembang di tingkat internasional. Sekaligus merupakan bentuk dukungan institusi dalam pembelajaran,” katanya.

Google Workspace for Education adalah sebuah platform yang mempermudah kolaborasi antara pengajar dan peserta didik, meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, dan menjaga agar lingkungan pembelajaran tetap aman. Dalam platform tersebut, pengajar dan siswa dapat menggunakan alat dan fitur seperti Google Classroom, Google Meet, Documents, Spreadsheet, Slides, dan lainnya untuk membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih hidup.

Sedangkan Google Workspace for Education Plus merupakan edisi lanjutannya dengan fitur penambahan kapasitas penyimpanan di Google Drive, Google Meet dengan kapasitas sampai dengan 500 peserta, breakout room, rekaman di Google Drive, dan rekaman kehadiran, persetujuan dokumen, Cloud Search, cek plagiasi tanpa batas, dan fitur keamanan tingkat lanjut.

Sales Program Manager Google for Education Tiffany Santosa, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa baru-baru ini lembaga riset Forrester mengadakan sebuah studi untuk mengetahui manfaat dari Google Workspace for Education. Lembaga riset tersebut mewawancarai 18 pengambil keputusan di 10 organisasi yang berbeda mengenai pengalaman mereka menggunakan Google Workspace for Education Plus, dan secara garis besar, hasil studinya menyebutkan bahwa Google Workspace for Education Plus membantu memperkuat keamanan, menyederhanakan manajemen, dan meningkatkan kolaborasi. “Jadi, secara keseluruhan, penggunaan Google Workspace for Education Plus meningkatkan sisi keamanan, efisiensi, kolaborasi, dan penyimpanan dari sebuah institusi,” terangnya.

Direktur Utama REFO Pepita Gunawan menyampaikan bahwa 10 tahun yang lalu UNNES memulai perjalanan mendunianya dengan Google Apps for Education, dan di tahun 2022 ini UNNES memilih untuk naik kelas dengan memanfaatkan Google Workspace for Education Plus. “Fitur-fitur yang lebih canggih yang tersedia pada edisi lanjutan ini akan berkontribusi dalam mendukung kegiatan pembelajaran, maupun pengelolaan institusi. Ini bedanya dengan kampus lain, karena UNNES goes beyond. UNNES punya komitmen dan dedikasi, bagaimana kampus ini tidak hanya sekedar mempunyai hal yang bagus-bagus, tapi sumber daya manusianya pun dapat memanfaatkan hal-hal baik tersebut secara optimal, sehingga menghasilkan SDM yang hebat. Ini tidak hanya berlaku untuk mahasiswa dan dosen saja, tapi seluruh anggota ekosistem UNNES,” ucapnya.

Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO tidak hanya sekedar menawarkan layanan penyediaan Google Workspace for Education Plus kepada institusi-institusi pendidikan, tetapi juga memberikan konsultasi, pendampingan, dan pelatihan selama kerja sama berlangsung. Salah satu program yang dirancang khusus oleh REFO bagi pengguna Google Workspace for Education Plus, khususnya UNNES, adalah UNNES Goes Beyond.

UNNES Goes Beyond adalah sebuah program di mana UNNES telah melakukan upgrade lisensi Google Workspace for Education ke edisi lanjutan, yaitu Google Workspace for Education Plus, disertai rangkaian program pelatihan yang memperlengkapi seluruh anggota civitas academica dalam upaya melakukan transformasi digital pembelajaran menggunakan Google Workspace for Education Plus. Program ini terdiri dari empat subprogram, yaitu:

  1. Plus Leaders, ditujukan pada para pimpinan perguruan tinggi
  2. Plus Faculty Champions, ditujukan pada para dosen
  3. Plus Admin Champions, ditujukan pada para IT admin
  4. Plus Student Champions, ditujukan pada para mahasiswa

Pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan, baik daring maupun luring, dibawakan oleh para coach dari REFO yang memiliki pengalaman ekstensif dan ahli di bidangnya, yaitu Lead Coach Steven Sutantro yang merupakan Google Certified Trainer, Innovator, and Coach; Coach Hidayatur Rahman Romadhona dan Coach Gusman Adi, keduanya merupakan Google Cloud Professional, dan Collaboration Engineer.

Adapun rangkaian pelatihan dimulai pada tanggal 10 Agustus 2022 secara daring. Namun, pelatihan untuk para pimpinan dan mahasiswa dilaksanakan secara luring, di Kampus UNNES, Gunungpati, Semarang, pada tanggal 26-27 Agustus 2022.

Untuk diketahui, PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) lahir dari keyakinan akan potensi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Visi REFO adalah untuk melihat Indonesia 2045, yang dipimpin oleh individu-individu yang holistik, mempunyai tujuan hidup, dan berketuhanan. Dengan memfasilitasi pengembangan keahlian, memberdayakan komunitas, dan memampukan pendidikan di Indonesia untuk mengoptimalisasi teknologi digital dalam pembelajaran, tujuan utama REFO adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidik untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa. Area keterlibatan REFO saat ini adalah Teknologi Pendidikan, Kepemimpinan Pemuda, Platform Ide, Pemberdayaan Komunitas dan Bimbingan Startup. REFO Indonesia adalah mitra Google for Education di Indonesia. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Paramadina Award untuk TP Rachmat dalam Wisuda ke-36 Universitas Paramadina

Jakarta, SUARA TANGERANG –  Rektor Universitas Paramadina Prof. Didik J. Rachbini, M.Sc., Ph.D. menyerahkan Paramadina ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com