BREAKING NEWS

Buka Pelatihan Hidroponik, Benyamin: Solusi untuk ketahanan pangan di perkotaan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Salah satu teknik pertanian yang saat ini lagi digandrungi masyarakat perkotaan adalah hidroponik.

Hidroponik adalah teknik budidaya yang menggunakan arang sekam atau media tanam lainnya dengan memanfaatkan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam bentuk cair yang sudah diracik untuk diberikan ke tanaman dengan cara disiramkan atau melalui irigasi tetes.

Terkait dengan tehnik pertanian hidroponik ini, Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Lembaga terkait untuk menggelar pelatihan hidroponik. Menurutnya, tren hidroponik saat ini khusus di perkotaan sangatlah tinggi, oleh karenanya hidroponik bisa menjadi solusi untuk meningkatkan potensi pertanian organik dan ketahanan pangan di perkotaan, khususnya di Tangsel.

Menurut Benyamin dengan teknik pertanian yang ramah lingkungan ini, masyarakat tidak perlu menggunakan pestisida secara berlebihan. Serta, bisa menjadi solusi untuk berkebun di lahan yang sempit atau terbatas.

“Kalau sudah paham hidroponik bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan pangan sendiri,” ujar Benyamin dalam kegiatan Pelatihan Pembuatan Hidroponik di Pamulang Barat, Pamulang Selasa (5/7/2022).

Selain itu, orang nomor satu di Tangsel ini juga menambahkan bahwa teknik pertanian dengan cara hidroponik ini memiliki banyak kemudahan. Mulai alat dan bahan yang mudah ditemukan serta perawatannya yang lebih sederhana dibandingkan teknologi lainnya.

Karena itu, dia berharap kepada masyarakat bisa memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan ini. Sekaligus terus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan hasil tanam dari hidroponik.

Lebih lanjut, dia menambahkan untuk memaksimalkan hidroponik, bisa digabungkan dengan perairan hidup. Misalnya pada dasar hidroponik bisa diisi oleh kolam ikan. Sehingga keberadaan hidroponik lebih maksimal dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk diketahui, pelatihan hidroponik yang diikuti oleh warga Pamulang Barat, dimana sebagian besar adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) ini, diharapkan dapat diaplikasikan di rumah masing-masing, dan dapat menjadi cara solusi ketahanan pangan di Tangsel. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ramaikan Tangsel Sejiwa Fest 2023, Pilar: Ada Fourtwnty hingga The Changcuters!

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ...