BREAKING NEWS

Diduga ada upaya kriminalisasi Anies melalui intitusi KPK, FAI minta Dewas KPK tindak tegas Firli Bahuri

Jakarta, SUARA TANGERANG – Forum Advokat Indonesia (FAI) meminta Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bertindak tegas terhadap Ketua KPK Firli Bahuri.

Pasalnya FAI menilai ada upaya kriminalisasi terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang dilakukan Ketua KPK Firli sebagaimana dilansir Koran Tempo, pada Sabtu (1/10/2022), dimana tim Satuan tugas tim penyelidik Formula E KPK yang telah melakukan gelar perkara pada Rabu, 28 September 2022. Hasil gelar perkara tersebut menunjukkan bahwa kasus Formula E belum cukup bukti untuk dilanjutkan ke tahap penyidikan.

Namun, Firli Bahuri selaku Ketua KPK tidak merasa puas dengan hasil tersebut. Ia bersikukuh meminta untuk Anies Baswedan segera ditetapkan sebagai tersangka Formula E.

Keinginan Firli untuk memenjarakan Anies ini diduga berhubungan dengan isu Pilpres 2024.

Karena itu, Dewas KPK didesak secapat mungkin menindaklanjuti laporan Koran Tempo tersebut, agar KPK sebagai institusi tidak kehilangan kepercayaan masyarakat.

“Dewan Pengawas KPK secepat mungkin harus menindaklanjuti loporan Koran Tempo dan duagaan agar KPK sebagai institusi tidak kehilangan kepercayaan masyarakat. Kami juga meminta Dewan Pengawas KPK untuk bersikap tegas,” kata perwakilan Forum Advokat Indonesia, Mahmud, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Sebab, apa yang telah dilakukan telah menimbulkan kemarahan masyarakat sehingga perlu untuk disampaikan kepada publik hasil dari pemeriksaan Dewan Pengawas KPK RI terhadap Firli Bahuri.

Lebih lanjut, bahkan kata Mahmud, seharusnya Firli Bahuri dipecat dari KPK jika memang kabar tersebut benar, sebab pensiunan Polri itu tidak menjunjung tinggi netralitas sebagai pimpinan KPK.

“Sehingga KPK bisa kembali menjadi institusi yang independen sebagai garda terdepan melawan korupsi, bukan menjadi pesanan atas kekuasaan,” pungkas Mahmud. (1st/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Densus 88: Aksi teror di Indonesia turun dalam 3 tahun terakhir

Jakarta, SUARA TANGERANG – Detasemen Khusus 88 Antiteror atau Densus 88 Polri mengungkapkan tren aksi ...