BREAKING NEWS

Harganas 2022 Kabupaten Tangerang, momentum gerakan percepatan penurunan stunting

Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 di kantor Estate Suvarna Padi, Golf Estate, Jalan Padi Utama, Kecamatan Sindang Jaya, Rabu (29/6/2022).

Peringatan Harganas dengan tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” tersebut menjadi momentum untuk percepatan penurunan stunting dengan mengoptimalkan peran bimbingan keluarga dan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk ketahanan nasional dan pembangunan bangsa.

Kepala Dinas DPPKB Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari peringatan Harganas tahun ini.

“Yakni untuk menyinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia dalam mencegah stunting serta untuk meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembangunan keluarga,” kata dia.

Hendra melanjutkan, selain itu juga untuk meningkatkan kinerja pengelola dan petugas program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana dalam merealisasikan program.

“Semoga dengan momentum pada hari ini kita semua untuk lebih peduli pada sekitar kita dan dapat memberikan manfaat lebih bagi para keluarga beresiko stunting,” ujarnya.

Ia juga berharap, semoga angka stunting di Kabupaten Tangerang dapat turun di bawah 20 persen berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI). “Untuk di aplikasi elektronik-pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM) kita (Pemkab Tangerang) sudah sesuai dengan standar yaitu 7,6 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga pada BKKBN Pusat, Nopian Andusti mengatakan bahwa Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 menekankan budaya gotong royong dalam mengatasi permasalahan stunting.

 

“Harganas kali ini menjadi berbeda karena ada unsur gotong royong pentahelix yakni partisipasi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media,” ucap Nopian.

Nopian menyatakan bahwa Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap 29 Juni, menjadi semangat baru bagi pihaknya dalam meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia, terutama melalui budaya gotong royong yang menjadi nilai luhur bangsa.

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tangerang yang pertama kali menggelar puncak Hari Keluarga Nasional yang berjalan dengan baik.

“Saya atas nama BKKBN Pusat mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Pemkab Tangerang yang telah menggelar Harganas ini, yang dimana kita ketahui dua tahun sebelumnya kegiatan ini tidak dapat digelar karena adanya pandemik COVID-19,” tuturnya. (4rD1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

TPA Rawa Kucing terkendali, Pemkot Tangerang cabut status tanggap darurat

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi mencabut status tanggap darurat ...