BREAKING NEWS

Kades di Tangerang diberikan pemahaman soal Saber Pungli

Tangerang, SUARA TANGERANG – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) UPP Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Saber Pungli kepada Kepala Desa di Empat Kecamatan Kabupaten Tangerang, yang digelar di GSG Kecamatan Sukadiri pada Kamis (25/8/2022).

Sosialisasi Saber Pungli diikuti oleh para Kepala Desa, BPD dan para Kaur Keuangan Desa, 4 dari 29 Kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Sukadiri, Pakuhaji, Sepatan dan Sepatan Timur.

Turut hadir pula Sekdis DPMPD Kabupaten Tangerang Yudiana, Ketua Panitia Sosialisasi Saber Pungli AKP Ukas S, Kapolsek Mauk AKP Yono Taryono, Camat Sukadiri Ahmad Hapid, Camat Sepatan Timur Asep Nurjaman, Camat Pakuhaji Asmawi dan Perwakilan Inspektorat Heriyanto.

Sekdis DPMPD Kabupaten Tangerang Yudiana menjelaskan,   sosialisasi saber pungli ini di inisiasi oleh unsur Kepolisian, Kejaksaan, dan inspektorat  bersama DPMPD Kabupaten Tangerang bertujuan pencegahan dini dalam praktik pungutan liar (Pungli) di tingkat Desa.

Hal ini guna memaksimalkan pelayanan masyarakat dari segi pembangunan, perekonomian desa menuju kesejahteraan masyarakat dalam mengelola Anggaran Desa lebih transparan, akuntable, tertib dan terintegritas.

“Satgas Saber Pungli ini berfungsi melakukan pencegahan yang mana tertuang dalam Perpres 87 tahun 2016.  Mencegah lebih baik ketimbang mengobati,” ujar Sekdis DPMPD Kabupaten Tangerang Yudiana

Yudiana berharap apa yang disampaikan oleh narasumber tadi dapat dipahami sehingga mendapatkan pengetahuan bagi peserta. “Setelah adanya sosialisasi ini dapat pengetahuan dan lebih tertib kembali dalam penyelenggaraan desa,” tutupnya.

Sementara itu Camat Sukadiri Ahmad Hapid mengatakan dengan diberikannya pemahaman tentang saber pungli ini diharapkan tata kelola anggaran Desa di Pemerintahan Desa dapat lebih dipertanggungjawabkan keuangan desa yang bersumber baik dari pusat, provinsi maupun dari kabupaten, yang sehingga semuanya dapat digunakan sesuai dengan perencanaan desa.

 

“Adanya sosialisasi ini praktek pungli di tingkat desa tidak terjadi yang sehingga Kepala Desa lebih fokus dengan kemajuan desanya menjadi lebih baik,” pungkasnya. (4rD1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

TPA Rawa Kucing terkendali, Pemkot Tangerang cabut status tanggap darurat

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi mencabut status tanggap darurat ...