BREAKING NEWS

MuBI resmi buka kembali secara luring untuk publik

Jakarta, SUARA TANGERANG – Museum BI (MuBI) kembali dibuka untuk umum secara luring, sejak tanggal 7 Juli 2022. Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, pada perhelatan “MuBI Reborn” sekaligus menyemarakkan HUT ke-69 BI, pada Rabu (6/7/2022) di Museum BI Kawasan Kota Tua menyampaikan, sebagai pilar literasi komunikasi Bank Indonesia MuBI dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait sejarah kebangsentralan di Indonesia.

“Museum BI merupakan pilar literasi komunikasi Bank Indonesia. Kami berharap MuBI terus memberikan layanan terbaik, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait sejarah kebanksentralan dengan didukung tata pamer dan teknologi terkini, serta menjadi wadah yang memfasilitasi kepentingan stakeholders,” kata Doni P Joewono.

Sementara itu, Direktur Esekutif dan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryanto, menerangkan bahwa, sebelumnya, karena mempertimbangkan situasi pandemi, selama dua tahun MuBI hadir dalam bentuk daring melalui pemanduan secara virtual yang dilengkapi berbagai kegiatan. Kegiatan rutin yang diadakan memuat konten-konten edukasi dan event daring guna mengobati kerinduan Sahabat MuBI (penikmat Museum BI) yang sementara waktu tak dapat berkunjung langsung.

“Selama penutupan kunjungan langsung itu pula, MuBI telah mempersiapkan layanan dan wahana baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman berkunjung,” kata Haryanto, dilansir dari laman, bi.go.id, Sabtu (9/7/2022).

Haryanto pun membeberkan, bahwa pada perhelatan “MuBI Reborn” tersebut, Deputi Gubernur Doni juga telah meresmikan berbagai layanan baru, antara lain 9 walls display, Augmented Reality, café, photobooth & kids corner. Acara diramaikan dengan berbagai penampilan antara lain drama parodi yang menceritakan edukasi terkait kebijakan Bank Indonesia terkini yaitu QRIS dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, penayangan teaser series untuk menyambut HUT MuBI, talkshow yang diisi figur publik dan edukator MuBI, serta pameran temporer bertajuk “Merawat Ingatan Masa Lalu” yang menyajikan hasil konservasi berbagai buku kuno koleksi MuBI, berkolaborasi dengan ANRI dan Perpusnas.

Koleksi-koleksi MuBI pun tetap dikelola dengan baik selama pandemi. Konservasi terhadap koleksi numismatik maupun non-numismatik berjalan secara rutin. Penataan koleksi numismatik yang juga menjadi masterpiece MuBI turut dilakukan. Karenanya, MuBI mendapatkan sederet prestasi selama prestasi antara lain, penghargaan Museum Bersahabat daari Indonesia Museum Awards (IMA) tahun 2020, Terbaik 1 dari Kemdikbudristek dalam Lomba Penguatan Bahasa Negara bagi Instansi/Lembaga di Kawasan Kota Tua, dan menjadi nominasi “Museum Pemrakarsa Kesehatan dan Kesejahteraan dalam IMA tahun 2021, dan yang terkini MuBI berhasil meraih rekor dunia dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan tajuk “Kepemanduan Wisata Museum oleh Pelajar Magang Terbanyak”.

Lanjut Haryanto, adapun waktu operasional kunjungan luring adalah Senin s.d. Jumat pk.08.00-15.00 WIB melalui pendaftaran terlebih dahulu melalui Whatsapp: +62-812-9157-3940 atau email museum@bi.go.id. Sebagai informasi, MuBI tetap menyediakan layanan daring yang terbuka untuk umum dan gratis, yaitu setiap hari Selasa-Kamis (pukul 09.00 dan 13.30 WIB) dan Jumat-Sabtu (pukul 14.00 dan 19.30 WIB).

“MuBI telah diperlengkapi fasilitas pendukung yang memenuhi standar protokol kesehatan serta CHSE. Untuk informasi lengkap mengenai Museum BI, masyarakat dapat mengunjungi kanal media sosial MuBI, yaitu Instagram: @museum_BI, Facebook: Museum Bank Indonesia, Twitter: @museumbi, Tiktok: @museumbi, dan Youtube: Museum Bank Indonesia,” pungkasnya. (1st)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

(Foto: Dok. Istimewa/KAI)

KAI imbau masyarakat waspadai penipuan berkedok rekrutmen

Jakarta, SUARA TANGERANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada ...